SOSIALISASI MANAJEMEN KEARSIPAN


SOSIALISASI MANAJEMEN KEARSIPAN
(Bagi Organisasi Masyarakat dan Yayasan Pendidikan SMP, SMA/SMK Kota Pekalongan)

Dalam rangka melaksanakan amanah Peraturan Daerah Kota Pekalongan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Lembaga Kearsipan Daerah memiliki tugas untuk melaksanakan Pembinaan Kearsipan dan Pengelolaan Arsip Statis skala daerah. Pembinaan Kearsipan ditujukan kepada Pemerintah Daerah, Organisasi Politik, Organisasi Masyarakat, Perusahaan dan Lembaga Pendidikan.
  
Pada hari ini, Kamis Tanggal 25 Agustus 2022 bertempat di Aula Depo Arsip Kota Pekalongan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan selaku Lembaga KEarsipan Daerah menyelenggarakan Sosialisasi Manajemen Kearsipan bagi Organisasi Masyarakat dan Yayasan Pendidikan SMP, SMA/SMK Kota Pekalongan yang dibuka oleh Wakil Walikota Pekalongan, H. Salahudin S.STP, sekaligus memperkenalkan Layanan Alih Media Arsip untuk semua (LAYANI MERTUA). Sebagai narasumber Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan, M.Sahlan, SH., MM. dan Arsiparis Muda, Agung Tjahjana.

Selain membuka acara Wakil Walikota sempat meninjau tempat penyimpanan arsip di lantai 2 Depo Arsip Kota Pekalongan dan memberikan arahan agar pengelolaan arsip lebih efektif dan efesien tanpa melanggar aturan yang berlaku.
  
Kegiatan Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada Peserta mengenai arti penting pengelolaan arsip bagi administrasi sehingga mereka melaksanakan pengelolaan arsip secara tertib dan benar terutama arsip vital. Pengelolaan Arsip Vital yang baik akan menghindarkan dari berbagai permasalahan keperdataan dan hukum. Selain itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dalam penyerahan arsip statis yang tercipta kepada Lembaga Daerah sebagai bukti sejarah, sumber informasi dan pengetahuan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Materi Sosialisasi :
Materi 1  https://dinarpus.pekalongankota.go.id/download/manajemen-kearsipan-1.html
Materi 2  https://dinarpus.pekalongankota.go.id/download/manajemen-kearsipan-2.html