Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan

News
Buku Terbaik 2015 : Penghargaan Khusus Bagi Penulis Buku Anak

Salemba, Jakarta—Rauh wajah bahagia terpancar dari wajah-wajah para penerima penghargaan Buku Terbaik 2015 dari Kepala Perustakaan Nasional Sri Sularsih, di ruang teater Perpustakaan Nasional, Jakarta, Rabu, (30/9). Tahun ini, kategori bidang non fiksi anak menjadi tema penilaian buku terbaik hingga akhirnya terpilih enam terbaik dari seluruh nominator yang diolah oleh tim penilai.

Tim Penilai yang dikepalai Bambang Suprio Utomo mengatakan ada enam elemen yang menjadi fokus perhatian timnya dalam menyeleksi sebelum akhirnya memutuskan yang terbaik. Enam elemen tersebut, antara lain (1) materi penulisan, (2) sistematika logika termasuk runutan penulisan, (3) bahasa komunikasi yang digunakan dalam penulisan, (4) inovasi dan efek yang timbul dari tulisan terhadap pembaca, dan (5) penampilan atau wajah atau sampul buku. “Kategori buku yang kami nilai terbagi dua, kategori buku untuk anak usia delapan tahun ke atas dan usia sepuluh tahun ke atas,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Perpusnas Sri Sularsih menjelaskan bahwa penghargaan ini diharapkan dapat memacu dan memicu para penerbit untuk aktif memberikan karya cetak terkait dengan Undang-undang terkait serah simpan karya cetak maupun karya rekam (KCKR) Nomor 4 Tahun 1990. “Perkembangan KCKR sebanding lurus dengan perkembangan budaya bangsa karena KCKR menyimpan segala hasil olah pikir anak bangsa,” jelas Kepala Perpusnas.

Kepala Perpusnas juga berpesan pada pemustaka maupun masyarakat untuk semaksimal mungkin memanfaatkan segala koleksi KCKR yang tersimpan pada perpustakaan sebagai sarana belajar. Jika kesadaran tersebut sudah tumbuh, maka berdampak pada pembentukan budaya membaca dan menulis masyarakat. Jika hal itu sudah terbentuk baik, tidak sulit untuk membentuk kecerdasan masyarakat.

Undang-undang KCKR menyebutkan jumlah minimal dua eksemplar yang wajib diserahkan para penerbit maupun pengusaha rekaman untuk disimpan, dilestarikan dan didayagunakan Perpustkaan Nasional. Sayangnya, dari seluruh permintaan ISBN yang masuk yang diajukan penerbit/penulis ke Perpusnas, hanya separuh saja yang kemudian menyerahkan koleksi KCKR-nya. “Sosialisasi pentingnya KCKR ini yang masih terus kita lakukan agar tumbuh kesadaran penuh dari para penerbit maupun pengusaha rekaman,” terang Deputi Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Welmin S. Ariningsih.

Di Indonesia, Perpustakaan Nasional hanya meminta minimal dua buah dari setiap terbitan yang beredar. Sementara di negara yang memiliki tingkat budaya baca tinggi, seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris, tiap penerbit maupun pengusaha rekaman diminta menyerahkan minimal enam eksemplar untuk disimpan di perpustakaan negara. “Ini seperti siklus, jika budaya baca tinggi, maka semakin tinggi pula kesadaran KCKR-nya,” jelas Sri Sularsih.

Moment penghargaan Buku Terbaik dimeriahkan dengan penampilan musikal dari anak-anak teater Ananda, penampilan story telling (dongeng) dari Kak Ariyo dan talk show.

Berikut nama penerima penghargaan Buku Terbaik 2015 :
Peringkat I : Storypedia ; Binatang Darat Indonesia
Penulis : Koen Setyawan
Penerbit : Buah Hati

Peringkat II : Aku Bisa Bercocok Tanam Tomat
Penulis : Maya A Pujiati
Penerbit : Tiga Ananda

Peringkat III : Kenapa Bisa Begini Ya? Tempat-tempat Unik di Dunia
Penulis : Mia Yuniati
Penerbit : Bestari Kids

Harapan I : Kenapa Bisa Begini Ya? Rahasia Dibalik Gangguan Pada Tubuhmu
Penulis : Dede Abdurahman
Penerbit : Bestari Kids

Harapan II : Mengenal Benda Langit
Penulis : AS Wahyudi
Penerbit : Jepe Press Media Utama

Harapan III : Chameleon, Kecepatan Lidahnya Melebihi Pesawat Jet
Penulis : Endah HS
Penerbit : Bestari Kids

 

Sumber: Hartoyo Darmawan

Perpusnas.go.id

PROFIL

Alamat : Jl. Jetayu No. 2 Telp. (0285) 426994

Email KPAD : kpad@pekalongan.go.id

Sejarah LembagaVisi dan MisiStruktur OrganisasiSumber Daya ManusiaBIMBINGAN PEMAKAI (KHUSUS PERPUSMAS)
ALAMAT KANTOR

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah
Jalan Jetayu Nomor 2 Telp. (0285) 426994
Email : kpad@pekalongankota.go.id

Copyright 2015 KPAD Kota Pekalongan